• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    Tutorial Pengisian DRH: Data Perorangan, Pendidikan, dan Pekerjaan PPPK Guru 2023

    Admin One
    Editor: Garutselatan.Net
    Iklan
    Baca Juga
    GarutSelatan.Net - Bagi teman-teman yang telah lulus seleksi P3K guru tahun 2023 maka di sini kita akan melanjutkan pengisian Daftar Riwayat Hidup (DRH).

    Pengisian DRH: Data Perorangan, Pendidikan, dan Pekerjaan PPPK Guru 2023


    Ada berbagai macam data yang harus kita isikan mulai dari data perorangan, kemudian data pendidikan, data riwayat pekerjaan, riwayat keluarga, organisasi dan juga upload dokumen. Setelah kita menyelesaikan pengisian DRH maka di sini kita bisa mencetak DRH perorangan dan juga DRH riwayat.

    Kemudian kita isi dengan data manual yang kita miliki serta kita tempel materai dan juga di tanda tangan. Selanjutnya di scan kita sertakan dalam salah satu berkas pdf yang harus kita upload. 

    Setidaknya ada 9 berkas yang harus kita upload jika kita mengacu pada tahun sebelumnya di sscasn sebelum kita Klik tombol akhiri proses pengisian DRH. 

    Kemudian pada saat kita memasuki tahap pengisian DRH Bagaimana cara mengisi data per perorangan, kemudian mengisi riwayat pendidikan dan juga kursus, kemudian cara mengisi riwayat pekerjaan, penghargaan dan juga prestasi, cara mengisi riwayat keluarga, kemudian cara mengisi riwayat organisasi dan keterangan lainnya. 

    Cara cetak dan mengisi DRH perorangan serta DRH riwayat, cara upload 9 dokumen pemberkasan P3K kemudian Bagaimanakah cara mengakhiri proses pengisian DRH di SSCASN silahkan simak terus artikel ini sampai selesai.

    1. Buka situs https://sscasn.bkn.go.id/# Klik tanda panah bawah dimenu sebelah kanan layar lanjut klik masuk.

    2. Masukkan NIK dan juga password kemudian kita klik masuk.

    3. Kemudian Scroll ke bawah nanti akan ada tampilan yaitu seleksi kompetensi P3K "Selamat Anda lulus P3K guru 2023" tahap selanjutnya.

    4. Pengisian Daftar Riwayat Hidup bagi peserta yang lulus untuk diusulkan penetapan Nomor Induk Pegawai.

    5. Nah di sini ada dua pilihan yaitu Ya atau Tidak kalau misalkan di sini kita pilih tidak maka artinya teman-teman mengundurkan diri dari seleksi P3K atau seleksi sscasn dan di sini teman-teman harus mengupload yaitu surat pengunduran diri. 

    6. Jika pilih Ya, selanjutnya kita ingin melanjutkan Untuk pemberkasan dan melakukan pengisian DRH sebaiknya teman-teman ini mengunduh dulu buku petunjuk pengisian daftar riwayat hidup.

    7. Buku Petunjuk pengisian DRH tinggal unduh saja.

    8. Hal pertama adalah pengisian data perorangan, kita dipersilahkan untuk melengkapi isian data perorangan dengan benar pastikan dalam mengisi DRH dengan teliti karena data yang diisikan ini adalah data yang digunakan untuk pemberkasan sscasn dan tidak dapat diubah setelah kita mengakhiri proses pengisian.

    9. Untuk Nomor Induk Kependudukan biasanya sudah tertera dan tidak bisa dirubah. 

    10. Untuk pengisian gelar depan jika tidak memiliki boleh dikosongkan atau kasih tanda strip karena memang tidak memiliki gelar depan.

    11. Isikan tempat lahir Anda setingkat kabupaten/kota dan tanggal lahir.

    12. Silahkan lengkapi data pada bagian yang masih bisa diedit sesuai dengan realita identitas kita. 

    13. Silahkan pilih kelurahan atau desa tempat kita tinggal, jika Kelurahan atau Desa tidak ada pada daftar pilih Kelurahan Atau lainnya dan isi manual ya nama sesuai Kelurahan apa Desa tempat tinggal. 

    14. Untuk mengisi bagian Jalan jika kita dipedesaan yang tidak memiliki nama jalan, silahkan isi Nama Kampung saja.

    15. Setiap kolom yang memiliki tanda merah ini wajib diisi ya kalau tidak diisi nanti tidak bisa disimpan datanya.  

    Baca Juga: Tutorial Pengisian DRH: Data Keluarga, Organisasi, dan Unggah Dokumen PPPK Guru 2023


    16. Kemudian untuk alamat lengkap maka diisi yaitu Nomor Rumah kemudian RT dan RW tidak termasuk nama jalan karena nama jalan ini masuk di atasnya nah ini Nama Desa, Kecamatan, Kabupaten, juga tidak ya maksimal ini 100 karakter.

    17. Isilah Kode Pos.
     
    18. Masukan tinggi badan, berat badan sesuai dengan hasil pengukuran dan disamakan dengan Surat Keterangan Sehat. 

    19. Untuk isian warna rambut yang natural ya Bukan rambut hasil warna cat.

    20. Bentuk rambut, bentuk muka apakah oval, kotak, bulat, ataukah lonjong, warna kulit sesuaikan ya Apakah kuning langsat, putih dan hitam atau sawo matang.

    21. Berikutnya untuk ciri khasnya ini apakah ada atau tidak, kalau misalkan tidak ada bisa kasih tanda strip Kemudian untuk hobinya silahkan sesuaikan.

    22. Setelah proses pengisian dianggap selesai dan lengkap pada poin data perorangan serta ingin tersimpan maka kita masukkan kode captcha kemudian klik selanjutnya. Jangan sekali-kali Klik tombol resume itu sama halnya kita menghapus semua isian yang tadi kita sudah isikan. 

    23. Selanjutnya pada bagian riwayat pendidikan dan kursus silahkan masukan riwayat pendidikan mulai dari SD SMP SMA dan S1.

    24. Masukan Nama Sekolah atau Nama Universitas ketika dulu kita lulus sekolah beserta akreditasinya jika ada, kalau misalkan belum tau akreditasinya apa ini kita bisa kosongin teman-teman dengan cara Kasih tanda strip Kemudian untuk tempatnya ini adalah tempat terbit dari ijazah kita. 

    25. Silahkan masukan nomor ijazah, tanggal ijazah atau terbitnya ijazah ini bisa lihat di ijazah, nama pejabat penandatanganan ijazah adalah yang tertinggi di sana ada rektor, dekan atau ketua prodi.

    26. Pastikan sudah terisi urut mulai dari SD SMP SMA hingga S1 dan yang terpenting sudah sesuai dengan data yang sebenarnya. 

    27. Kemudian untuk pelatihan/kursus teman-teman bisa mengisikannya jika memiliki disesuaikan dengan sertifikat yang kita miliki baik penyelenggara dari pemerintah atau bukan.

    28. Isikan tanggal mulai dan tanggal selesainya, kita pilih auto complete kemudian nomor sertifikatnya, jumlah jamnya, tempat penyelenggaraanya di mana, dan institusi penyelenggaranya. Jika kita tidak menemukan dimenu pilihan bisa kita ketikan secara manual. 

    29. Selanjutnya penghargaan dan juga prestasi diisi dengan sejujur-jujurnya, jika kita tidak memiliki dikosongkan saja. 

    30. Untuk pengalaman kerja silahkan lengkapi sejak tahun pertama hingga akhir dengan menggunakan SK kepala sekolah atau menggunakan SP dari Dinas Pendidikan setempat bagi yang memiliki dengan memilih salah satu saja, sebaiknya tidak diinputkan dua-duanya tinggal pilih salah satu secara runtut dan lengkap. 

    31. Dikarenakan Nomor SK pengangkatan dan juga penanggalan dari Kepala Sekolah itu beda maka diinputkan per tahun namun disini untuk gajinya itu diminta untuk dikosongkan dikarenakan apa dikatakan pada SK tersebut itu ada tulisan yaitu untuk guru honorer itu tidak berhak untuk menuntut gaji teman-teman dan juga di sini Setelah diisi juga bahwa untuk penggajian pada masa itu tidak ada sumber gajinya ada yang berpendapat seperti itu makanya terkait tentang pengisian DRH ini tentunya di masing-masing instansi ini ada sedikit perbedaan. Ada yang diisi untuk kolom gajinya ada yang tidak, khusus didaerah admin banyak yang diisi.

    32. Kita mengetahui bahwa di sini kita wajib mengupload file scan bukti pengalaman kerja asli yang ditandatangani atau fotocopy yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang untuk tahun kemarin namun untuk pengisian DRH formasi tahun 2022 sudah tidak perlu unggah scan dokumen riwayat pengalaman kerja.
     
    33. Hanya menginputkan Nomor SK, tanggal SK dan pejabat pembuat SK saja.

    Demikian informasi tentang Tutorial Pengisian DRH: Data Perorangan, Pendidikan, dan Pekerjaan PPPK Guru 2023, semoga bermanfaat.


    Baca Artikel Menarik lainnya di Google News GARUTSELATAN.NET

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Game

    +