• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    Sudah Klik 'Akhiri Proses Pengisian DRH' Namun Baru Sadar Ada Kekurangan/Kesalahan Bagaimana Solusinya?

    Admin One
    Editor: Garutselatan.Net
    Iklan
    Baca Juga
    Sudah Klik 'Akhiri Proses Pengisian DRH' Namun Baru Sadar Ada Kekurangan/Kesalahan Bagaimana Solusinya? - Bagi Bapak Ibu yang sudah melakukan klik akhiri pengisian DRH P3K Tahun 2022 kemudian baru menyadari bahwa ada berkas yang kurang, salah upload dokumen, salah mengisi data dan lain sebagainya. 

    Baru Sadar Ada Kekurangan/Kesalahan Bagaimana Solusinya?


    Bapak Ibu, Saya rasa tidak perlu panik silahkan Tunjukkan dulu beberapa masalah yang terjadi dengan mencatatnya.

    Misalnya pada surat lamaran salah ketik atau salah tulis beberapa huruf tapi sudah mengupload dan mengakhiri pengisian DRH kemudian ada juga data perorangan tidak muncul foto. 

    Kendalanya karena untuk memunculkan foto di DRH itu sebelum unduh harus mengunggah terlebih dahulu di kolom dokumen (Pas Poto Formal Terbaru berlatar merah) baru bisa cetak DRH perorangan dan DRH riwayat.
     
    Bapak Ibu yang sudah terlanjur mengklik "akhiri proses pengisian DRH" Tidak perlu panik dan mungkin bertanya-tanya. Kapan saya akan bisa melakukan perbaikan? 

    Apakah nanti bisa membuat gugur dalam penerbitan NIP PPPKnya?. Ini tentu saja tidak akan terjadi Bapak Ibu karena nanti akan diberikan kesempatan sekali lagi. 

    Bapak Ibu sebaiknya simak dulu langkah verifikasi dari pengisian DRH ini. Pertama pihak BKD atau BKPSDM di masing-masing instansi atau kabupaten akan melakukan verifikasi melalui tim verifikator yang ditunjuk di dalamnya. 

    Mereka itu akan memverifikasi isian DRH termasuk dokumen-dokumen yang Bapak Ibu upload kalau nanti dari hasil verifikasinya ternyata dirasa berkas bapak ibu ada yang kurang ataupun Perlu diperbaiki bahkan nanti bapak ibu akan dihubungi karena tahun lalu ada teman saya di sekolah dihubungi langsung ya.

    Contohnya ada unggahan dokumen yang tidak jelas terbaca sehingga diminta untuk mengirimkan langsung via WA dan dalam hal ini Bapak Ibu tidak langsung mengupload ya tapi nanti akan dibantu oleh pihak dari BKPSDM untuk memperbaiki. 

    Nah pada saat pengisian DRH perorangan kenapa sudah mencantumkan nomor ponsel nomor WA ataupun email sehingga di dalam masa pemberkasan ini Bapak Ibu sebisanya nomor WA ataupun ponsel Jangan sampai nonaktif karena siapa tahu nanti sewaktu-waktu dihubungi kalau memang isian Datanya ada yang kurang atau ada kesalahan dokumen.

    Setelah memahami alur verifikasi DRH ini jadi Bapak Ibu tenang saja, kemudian jika dari verifikator BKPSDM merasa isian data itu sudah lengkap dan dokumennya juga sudah lengkap maka usulan penetapan NIPPPK akan disampaikan ke BKN melalui sistem. 

    Kalau memang Bapak Ibu tidak dihubungi berarti dianggap sudah lengkap oleh verifikator nanti di BKN.

    Data akan diverifikasi kembali kalau misalnya dari verifikator sudah menyatakan lengkap tapi dari BKN dinyatakan belum lengkap maka nanti bapak ibu akan mendapatkan notipikasi dari sscasn. 

    Jika dari BKN sudah merasa berkas Bapak Ibu itu lengkap maka bisa dilanjutkan menjadi penerbitan NIP P3K. 

    Bapak Ibu, ini juga sudah diperkuat dengan surat edaran BKN perihal penyelesaian penetapan NIP P3K guru tahun 2021 secara elektronik. Saya rasa mekanismenya tidak berbeda dengan Tahun 2022 ini. 

    Pertama disampaikan bahwa instansi yang telah mendapatkan hasil pengolahan kelulusan yang sudah ditandatangani secara elektronik oleh Kepala BKN maka wajib menghubungkan kelulusan tersebut Nah ini kan sudah dilakukan oleh masing-masing BKPSDM. 

    Kemudian yang kedua pemberkasan penetapan NIPPPK. 

    Ketiga persyaratan kelengkapan dokumen usul perlengkapan NIP3K yang diatur dalam pasal 25 peraturan nomor 1 tahun 2019 sebagaimana yang telah diubah menjadi peraturan Nomor 18 tahun 2020 pelamar yang dinyatakan lulus agar mengisi daftar riwayat hidup (DRH). 

    Proses ini kan Bapak Ibu sudah melakukan dan barangkali ada yang masih sedang berproses Jadi sekali lagi yang merasa ada kesalahan atau kurang lengkap tunggu saja dulu hasil verifikasi dari verifikator bkpsdm-nya.
     
    Pada pengisian DRH ada yang belum valid catatannya seperti Nama, tempat tanggal lahir pada DRH ditulis tangan dengan huruf kapital dan tinta hitam oleh bersangkutan ini lupa menuliskan kembali isian sehingga dirasa kurang lengkap oleh BKN nanti akan diberikan notifikasi itu contoh pertama. 

    Selanjutnya contoh kedua ada notifikasi dari sscasn yang menginformasikan bahwa terdapat persyaratan yang belum valid di DRH yaitu surat keterangan NAPZA barangkali ini salah melakukan pengunggahan sehingga diminta untuk melakukan unggah kembali. 

    Setelah mendapatkan notifikasi hasil dari verifikasi bkn solusinya pertama itu jangan panik, ingat ini adalah pemberkasan NIP P3K bukan seleksi. 

    Bapak Ibu kan sudah lolos seleksi sehingga tidak ada istilah tidak terbit ini yang terpenting kalau nanti diberikan pengulangan silahkan lakukan lagi dengan serius dan lakukan perbaikan dengan benar.


    Sudah Klik Akhiri Proses Pengisian DRH | Baru Sadar Ada Kekurangan/Kesalahan | Bagaimana Solusinya? | Surat Lamaran Salah Ketik | Salah Tulis Beberapa Huruf | Salah Unggah Dokumen | Unggahan Dokumen Tidak Terbaca | Foto tidak Muncul di DRH | Dihubungi Langsung melalui Kontak. 


    Baca Artikel Menarik lainnya di Google News GARUTSELATAN.NET

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Game

    +