• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    10 Makanan Manis dan Sehat (Dijamin Tak Kalah Enak)

    Admin One
    Editor: Garutselatan.Net
    Iklan
    Baca Juga
    10 Makanan Manis dan Sehat (Dijamin Tak Kalah Enak) - Apakah kamu suka dengan makanan manis? Tentu saja, banyak dari kita yang doyan dengan makanan yang rasanya manis. 

    10 Makanan Manis dan Sehat


    Sayangnya, makanan manis sering kali dikaitkan dengan gula berlebihan yang dapat berdampak buruk pada kesehatan. Namun, jangan khawatir! Kini kamu bisa menikmati makanan manis yang sehat dan enak.

    Banyak dari kita yang kerap dilanda keraguan ketika hendak menyantap segala jenis makanan atau minuman yang mengandung gula alias makanan manis. 

    Bagaimana tidak? Konsumsi gula yang terlalu banyak dikhawatirkan meningkatkan kadar gula darah hingga berujung pada penyakit diabetes. Tapi, tidak semua makanan manis itu berbahaya, kok. Apa saja nama makanan manis yang tergolong aman?

    Makanan Manis yang Sehat dan Aman Dikonsumsi


    1. Buah-buahan

    Buah-buahan adalah sumber makanan manis alami yang sangat sehat. Buah-buahan seperti apel, pisang, stroberi, mangga, dan anggur adalah pilihan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan gula alami dalam tubuh. 

    Pilihan Pembaca: Spermisida: Fungsi, Cara Pakai, Kelebihan dan Kekurangan


    Selain itu, buah-buahan juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan, serta vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan.

    2. Dark Chocolate

    Dark chocolate adalah salah satu jenis coklat yang terbuat dari biji kakao yang lebih tinggi kandungan kakao-nya. Dark chocolate mengandung antioksidan dan flavonoid yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, dark chocolate juga membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan otak.

    3. Smoothie

    Smoothie adalah minuman yang terbuat dari campuran buah-buahan segar, yogurt, dan es batu. Smoothie dapat menjadi pilihan yang sangat baik untuk menggantikan minuman yang tinggi gula seperti soda dan minuman bersoda lainnya. Smoothie mengandung gula alami dari buah-buahan, serta kalsium dan protein dari yogurt.

    4. Yoghurt

    Yoghurt adalah produk susu yang difermentasi, sehingga kaya akan probiotik yang baik untuk pencernaan. Yoghurt juga mengandung protein dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Kamu bisa menambahkan potongan buah atau madu sebagai pengganti gula jika ingin menambahkan rasa manis pada yoghurt.

    5. Kurma

    Kurma adalah buah yang sangat manis dan kaya akan nutrisi. Kurma mengandung serat yang baik untuk pencernaan, serta berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin B6, kalium, dan magnesium. Kamu bisa menikmati kurma sebagai camilan sehat atau menambahkan pada smoothie atau salad.

    6. Granola

    Granola adalah campuran biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah kering yang dipanggang dengan madu atau sirup maple. Granola mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan energi yang tahan lama. Kamu bisa menambahkan granola pada yoghurt atau smoothie sebagai pengganti topping yang manis.

    7. Chia Pudding

    Chia pudding adalah makanan penutup yang terbuat dari campuran chia seeds dan susu. Chia seeds kaya akan serat, omega-3, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Kamu bisa menambahkan buah atau madu sebagai pengganti gula pada chia pudding.

    8. Es Krim Rendah Gula

    Anda suka makan es krim, tapi tidak ingin gula darah atau berat badan naik? Maka varian es krim rendah gula atau kalori adalah solusinya.

    9. Kue Rendah Gula

    Selain es krim, kue juga menjadi makanan manis favorit banyak orang, termasuk Anda salah satunya. Alih-alih mengonsumsi jenis kue manis yang banyak mengandung gula, Anda bisa menyantap varian kue rendah gula yang, sama seperti es krim rendah gula, sudah banyak beredar di pasaran, baik dalam bentuk kue tart maupun cookies atau kue kering.

    Mengonsumsi kue rendah gula tidak akan berdampak pada peningkatan kadar gula darah secara berlebih, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Akan tetapi, baiknya tetap kendalikan konsumsi kue ini dan imbangi dengan konsumsi makanan manis lainnya yang lebih sehat seperti buah-buahan.

    10. Madu

    Terakhir, ada madu sebagai nama makanan manis nan menyehatkan yang bisa Anda konsumsi tanpa harus khawatir mengalami diabetes, kenaikan berat badan, atau kerusakan pada gigi.

    Madu sudah terbukti secara ilmiah mampu memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh, seperti:
    • Mengatasi batuk dan sakit tenggorokan
    • Antibakteri dan antijamur
    • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    • Mengendalikan gula darah
    • Mencegah penyakit kanker dan jantung

    Anda bisa mengombinasikan madu dengan makanan sehat lainnya yakni Greek yoghurt, yang mana jenis yogurt ini diperkaya oleh sejumlah nutrisi penting bagi tubuh seperti serat, protein, mineral, dan vitamin. Ditambah lagi dengan potongan buah, makanan ini tak hanya sekedar sehat, namun juga nikmat.

    Sebagaimana kita ketahui, es krim terbuat dari kombinasi susu, gula, dan perasa. Nah, faktanya ada juga sejumlah produk es krim yang khusus diproduksi dengan kandungan gula dan kalori yang lebih sedikit. Hal ini utamanya ditujukan untuk mereka yang tengah berdiet atau memiliki penyakit gula darah. Tidak sulit kok untuk menemukan es krim ini di pasaran.

    Atau, Anda bisa membuat sendiri es krim rendah kalori ini di rumah. Caranya, campurkan susu, yoghurt rendah lemak, gula rendah kalori, dan potongan buah segar. Kemudian, bekukan di dalam kulkas sampai es krim siap untuk disantap.

    Makanan manis memang selalu menggoda, tetapi tak jarang juga membawa dampak buruk pada kesehatan kita. Namun, kini kamu tak perlu lagi khawatir! Ada banyak makanan manis dan sehat yang bisa kamu nikmati tanpa harus merasa bersalah atau khawatir tentang kesehatanmu.

    Dari buah-buahan yang segar dan enak, dark chocolate yang lezat dan sehat, hingga smoothie dan yoghurt yang menyegarkan, semua bisa kamu coba. Tak hanya itu, kamu juga bisa mencoba makanan manis dan sehat lainnya seperti kurma, granola, dan chia pudding. Semua makanan ini mengandung nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

    Tentu saja, nikmati makanan manis dan sehat ini dengan penuh kebahagiaan dan gembira. Rasakan setiap gigitan dan seruputannya dengan perasaan senang dan puas. Dengan cara ini, kamu bisa menikmati kelezatan makanan manis dan sehat tanpa merasa bersalah atau khawatir tentang kesehatanmu.


    Baca Artikel Menarik lainnya di Google News GARUTSELATAN.NET

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Game

    +